Kalibrasi Baterai Laptop dan Notebook

 Kalibrasi Baterai Laptop dan Notebook- Proses kalibrasi bukan untuk mengembalikan kemampuan baterai yang memang sudah usang ke kondisi normal, melainkan untuk mengembalikan indikator sensor yang salah dengan kemampuan asli baterai.sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menginformasikan kondisi baterai anda


Cara Yang Benar Kalibrasi Baterai Laptop Anda.JPG
Adapun Cara Kalibrasi Baterai Laptop dan Notebook Sebagai berikut :
  • Hidupkan notebook atau netbook anda.
  • Charger hingga penuh(100%), setelah indikator menyatakan penuh jangan cabut chargernya biarkan overcharge selama dua jam. selama overcharger anda bisa melakukan aktivitas dengan netbook atau notebook anda.
  • Setelah dua jam overcharger, buka control panel kemudian kemudian buka power options, dan atur seperti gambar dibawah ini.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Anda

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Anda
Buka tab Hibernate dan centang Enable hibernation
Cara Kalibrasi Baterai Laptop Anda
Pada Critical battery alarm, atur 3%-5%. kemudian klik Alarm Action
Cara Yang Benar Kalibrasi Baterai Laptop Anda
Centang pada When the alarm goes off, the computer will
Cara Yang Benar Kalibrasi Baterai Laptop Anda
Kemudian pilih Hibernate, lalu klik Ok
  • Kemudian simpan pengaturan anda klik apply lalu ok. lepaskan charge pada perangkat anda, jangan lakukan aktivitas biarkan laptop anda dalam kondisi idle dengan daya baterai yang terus berkurang hingga hibernate dengan sendirinya.
  • Biarkan laptop anda dalam kondisi hibernate selama delapan jam. Setelah itu charge kembali laptop anda hingga indikator lampu baterai menandakan full(penuh).
Jika anda sudah melakuan proses kalibrasi dengan benar, akurasi baterai anda akan kembali normal. Ingat! proses ini bukan untuk mengembalikan baterai yang sudah usang ke kondisi normal baru. Sebuah baterai mempunyai umur pakai kemudian kondisi baterai akan mulai aus(melemah) sehingga anda perlu mengganti baterai dengan yang baru.

Download juga Software untuk Mengidentifikasi status baterai anda dengan Battery Care..Click Here